Setelah pergantian tahun pelajaran, maka sebagaimana pada tiap tahunnya pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli akan berganti dan memilih kembali pengurus OSIS yang baru. OSIS singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah dan ini menandakan bahwa memilih pengurusnya bukan hanya sekedar hunjukkan dari Kepala Sekolah, Pembina OSIS, Guru atau Pegawai SMA Negeri 1 Gunungsitoli untuk menentukan yang menjadi Pengurus OSIS tersebut, tapi karena ini merupakan salah satu organisasi siswa tentu yang menentukan dan yang menjadi pengurusnya adalah dari siswa SMA Negeri 1 Gunungsitoli dan dikhususkan calonnya dari Kelas X dan XI.

Pemilihan Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli dilaksanakan dengan cara memberi kesempatan kepada siswa/siswi lain menentukan pilihannya sendiri yang akan memimpin OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli selama 1 tahun kedepan yang biasanya kita kenal dinegara kita yaitu Demokrasi.

Layaknya pesta demokrasi, sebelum menjadi calon, mereka terlebih dahulu harus melalui beberapa tahapan. Berikut tahap-tahap pemilihan Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli antara lain :
1.      Pendaftaran Diri (18 Agustus 2011 s/d 27 Agustus 2011)
2.      Technical Meeting dan Penyusunan Pengurus MPK (8 September 2011)
3.    Interview (14 September 2011 s/d 15 September 2011) dengan kriteria penilaian berdasarkan Buku Kualifikasi Pengurus OSIS Hal. 32 Bab 1.
4.      Penilaian dan Pengumuman 5 Besar Calon Ketua dan Pengurus OSIS.
5.      Orasi, Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara (17 September 2011)
6.      Pelantikan Pengurus OSIS dan MPK (26 September 2011)
7.      Pertanggungjawaban dan Serah Terima

Setelah mencalonkan diri menjadi Pengurus OSIS dan mengikuti interview yang dilaksanakan oleh Tim Pemilihan maka ditetapkan sebagai Calon Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli periode 2011-2012 yaitu sebagai berikut :

Calon Ketua OSIS :
1. Cahsen I. W. Zai (XI IPA 1)
2. Remiman Gea (XI IPS 1)
3. Willem K. Laoli ((XI IPA 2)
4. Yoseph S. Larosa (XI IPA 4)
5. Marius Daeli (XI IPA 2)

Calon Sekretaris OSIS
1. Willona B. Zalukhu (XI IPA 1)
2. Novia C. Laoli (XI IPA 1)
3. Yuni Arnita Daeli (X 2)
4. Tri Dewi Zebua (X 1)
5. Farid Arbi Harefa (X 8)

Calon Bendahara OSIS :
1. Denniska Halawa (XI IPA 1)
2. Grace J. Bate'e (X 2)
3. Naomi Sabathny (X 1)
4. Naedya Boru Sinaga (X 4)

Pada hari Sabtu (17/09/2011) para Calon Pengurus khususnya Calon Ketua diberi kesempatan memaparkan visi dan misinya di depan para siswa lainya. Layaknya kampanye, di atas mimbar para calon ini berusaha meyakinkan siswa lainya untuk berusaha mencari simpati dan dukungan jika progamnya yang terbaik. Dalam pemaparan visi misi, tiap calon diberi waktu sekitar beberapa menit.

Tahap selanjutnya adalah penilaian seluruh warga sekolah yang ditandai dengan pemungutan suara dan perhitungan suara siapa yang akan menjadi Ketua dan Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli periode 2011-2012.

Setelah perhitungan suara dilaksanakan, ditetapkan yang menjadi pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli periode 2011-2012 sebagai berikut :

Ketua Umum
:
Remiman Gea (XI IPS 1)
Wakil Ketua 1
:
Cahsen I. W. Zai (XI IPA 1)
Wakil Ketua 2
:
Marius Daeli (XI IPA 2)



Sekretaris Umum
:
Novia C. Laoli (XI IPA 1)
Wakil Sekretaris 1
:
Farid Arbi Harefa (X 8)
Wakil Sekretaris 2
:
Tri Dewi Zebua (X 1)



Bendahara Umum
:
Denniska Halawa (XI IPA 1)
Wakil Bendahara 1
:
Naomi Sabathny (X 1)
Wakil Bendahara 2
:
Grace J. Bate'e (X 2)

Selanjutnya akan diadakan pelantikan pengurus OSIS dan MPK serta pertanggungjawaban dan serah terima pengurus OSIS lama dengan Pengurus OSIS baru SMA Negeri 1 Gunungsitoli.

Budaya demokrasi yang dikembangkan di sekolah akan membuat siswa trampil memecahkan masalah-masalah sosial yang aktual yang pada akhirnya membentuk sikap dan karakter peserta didik karena didasari fakta-fakta yang terjadi di lingkungan sekolah sendiri maupun lingkungan masyarakat, Semoga pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli yang baru mengambil bagian untuk mewujudkan visi dan misi sekolah antara lain “Terwujudnya Warga Sekolah Yang Berkarakter, Berbudaya Dan Berprestasi".



[efri-hrf]


Anda sibuk?
Tetap baca artikel terupdate dan terbaru dari Blog SMAN 1 Gunungsitoli melalui e-mail Anda (GRATIS). Caranya? Masukkan alamat e-mail Anda pada kotak berikut ini dan klik Daftar.

KOMENTARI "Pemilihan Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Gunungsitoli Periode 2011-2012"

0 komentar:

 
Top