GUNUNGSITOLI, NBC Fermentasi daun ubi jalar sebagai pakan ternak yang ditampilkan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gunungsitoli meraih juara 1 pada lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) se-Kota Gunungsitoli. Selain mendapat uang tunai Rp 10 juta, juga penghargaan lainnya. Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli mengimbau, pengetahuan yang dimiliki supaya dikembangkan.
Sekretaris Daerah Firman Harefa menyerahkan trofi kepada Hasannaha Gulo, siswa SMA Negeri 1 Gunungsitoli, Sabtu (24/11/2012). | Foto NBC/Nitema Mendrofa
Fermentasi daun ubi jalar untuk pakan ternak babi merupakan makanan ternak yang mudah dan tersedia di sekitar masyarakat. Daun ubi jalar memiliki kandungan asam sianida yang merusak pertumbuhan ternak babi. Namun, dengan menggunakan fermentasi maka asam sianida tidak berfungsi.
“Awalnya saya mendapatkan fermentasi ini dari penempatan fermentasi menggunakan jamur. Karena di Nias susah mendapatkan jamur, saya ganti dengan menggunakan tuak suling, yang memiliki bakteri pengurai untuk mematikan mikroba antinutrisi,” ujar Hasannaha Gulö, siswa SMAN 1 Gunungsitoli, kepada NBC, Sabtu (24/11/2012) seusai acara penutupan acara lomba inovasi teknologi tepat guna.

Pakan ternak babi yang digunakan masyarakat selama ini relatif mahal dan dapat menghambat pertumbuhan. Juga sangat berisiko terhadap ternak akibat kandungan asam sianida. Namun, dengan menggunakan fermentasi yang mengandung nutrisi dan menambah nafsu makan, serta terhindar dari penyakit yang mematikan ternak.

“Saya berharap, kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli supaya membantu kami dalam pengembangan lebih lanjut. Juga kepada masyarakat, dapat menerima ide pembuatan fermentasi ini, serta menggunakannya sebagai pakan ternak babi,” ungkapnya.

Hasannaha sangat bangga atas hasil yang telah dicapainya bersama teman-temannya. Menurut dia, pengembangan fermentasi ini tidak berjalan tanpa dukungan pemerintah dan elemen lainnya, terutama masyarakat sebagai pengguna untuk ternak babi.

Bahan membuat fermentasi daun ubi jalar untuk pakan ternak babi. | Foto: NBC/Nitema Mendrofa

“Saya sangat bersukacita atas prestasi yang kami dapatkan pada lomba inovasi teknologi tepat guna antar SMA/K se-Kota Gunungsitoli. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dari guru kami di sekolah dalam bimbingannya sehingga membuahkan hasil yang memuaskan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Firman Harefa dalam sambutannya pada acara penutupan mengatakan, Pemkot Gunungsitoli sangat bangga memiliki siswa yang berprestasi. Namun, hasil yang dicapai tidak merupakan akhir dalam mengejar pengetahuan.

“Pelaksanaan lomba inovasi teknologi tepat guna ini supaya diagendakan untuk dilaksanakan setiap tahun sehingga terlihat perkembangan dan kemajuan pengetahuan dan pendidikan yang bermutu terhadap siswa,” ujar Firman.

Firman mengimbau kepada peserta yang mendapat hasil belum maksimal, supaya tahun depan pada kegiatan yang sama dapat bersaing. Pada kesempatan itu, Firman menutup acara kegiatan lomba inovasi teknologi tepat guna antar-SMA/K se-Kota Gunungsitoli.

Data yang dihimpun NBC melalui panitia bahwa yang meraih juara dua dari SMA Swasta Lentera, Juara tiga SMKN 1 Gunjungsitoli. Sedangkan juara harapan 1, 2, dan 3, SMAN 1, SMAS Lentera, dan SMA Pembda Gunungsitoli. [TEM]


Sumber :
http://www.nias-bangkit.com/2012/11/sman-1-gunungsitoli-raih-juara-i-lomba-teknologi-tepat-guna/



Anda sibuk?
Tetap baca artikel terupdate dan terbaru dari Blog SMAN 1 Gunungsitoli melalui e-mail Anda (GRATIS). Caranya? Masukkan alamat e-mail Anda pada kotak berikut ini dan klik Daftar.

KOMENTARI "SMAN 1 Gunungsitoli Raih Juara I Lomba Teknologi Tepat Guna"

3 komentar:

Anonim mengatakan... 26 November 2012 pukul 18.20

selamat untuk keberhasilannya anak muda yang berbakat teruslah berkreasi dan melakukan yang terbaik untuk kemajuan Nias,

Anonim mengatakan... 26 November 2012 pukul 18.27

buat ade Hasannaha,,, selamat y,,,
pastinya penelitian nya akan berguna dan bermanfaat bagi masy.Nias dan Indonesia secara umum<<
trus berkarya untk memajukkan Nias>>

Untuk SMA 1,, qmi bangga dan tetap trus menciptakan ank2 yg berbakat dan berprestasi

Raden W Siahaan mengatakan... 18 April 2013 pukul 12.55

bagaimana kalau difermentasi dgn EM4? kasih dong caranya...thanks!

 
Top