Siswa-siswi yang mendaftar di suatu SMA, pasti berharap agar masuk  ”Kelas Unggulan”. Kelas unggulan pasti sangat bergengsi dan mendapat cap sebagai kelas terbaik. Tapi ada beberapa hal yang tidak diketahui oleh siswa-siswi lain dari Kelas unggulan. Tidak selamanya yang nampak dari luar itu indah dan mengagumkan. Posting kali ini akan memuak hal-hal yang terselubung dari kelas unggulan... cek it out.

1. Kelas Bilingual

Good morning sir/mam/miss. Kelas unggulan selalu diidentikkan dengan kelas berbahasa Inggris dalam KBM. Hari pertama sampai minggu pertama, bilingual masih diterapkan di kelas tersebut. Kenyataannya, sekarang kelas unggulan tidak lagi menggunkan bahasa asing tersebut, sama saja seperti kelas biasa. Ditambah lagi dengan kemampuan guru yang mengajar , yang kurang mengerti bahasa Inggris.

2. Fasilitas Lengkap

Banyak fasilitas yang diterima kelas unggulan, baik itu compurter, infocus, kelas khusus, dan seragam yang berbeda. Apa mau dikata, fasilitas lengkap tidak selamanya membantu. Listrik yang tidak memadai memaksa siswa/i unggulan kita tidak dapat menggunakan fasilitas tersebut secara optimal. Alasannya adalah listrik yang tidak memadai.

3. Unggul Dalam Segala Bidang alias Pintar abis
 
dalam janji siswa kita disebutkan “siswa/i yang unggul dalam segala bidang”.  Siswa-siswi kelas unggulan pasti pintar, itu bisa dikatakan pernyataan yang benar. Tetapi, banyak siswa yang tidak sepintar yang kita bayangkan. Siswa/i unggulan, biasanya hanya unggul dalam satu bidang saja, terbukti dengan nilai siswa/i unggulan yang tidak merata. Bisa dibuktikan dengan OSN, tidak selamanya siswa yang pintar di mata pelajaran fisika bisa  sepintar pada mata pelajaran kimia. Ini merupakan dilema bagi kelas unggulan.

4. Proses KBM yang berbeda
 
sebagian guru menggunakan metode yang berbeda saat  mengajar di kelas unggulan, sebagian berhasil, dan sebagian lagi tidak. Secara keseluruhan, cara mengajar dikelas unggulan sama saja dengan kelas biasa. Padahal, pada awal terbentuknya kelas unggulan tersebut,  para pemimpin-pemimpin kita mengiming-imingkan sesuatu yang baru, seperti adanya guru yang diundang dari luar. Kenyataannya, sang guru yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang.

5. Kelas yang Aktif

Kelas unggulan pasti memiliki siswa/i yang cekatan, sering bertanya, dan serius saat belajar.Itu salah besar. Banyak guru yang  mengeluh saat masuk dikelas unggulan karena kurangnya tanggapan dan keaktifan siswa/i. Banyak siswa unggulan yang hanya diam atau tersenyum saja saat ditanya. Itu terjadi saat materi yang disajikan kurang menarik atau susah dimengerti.


            Well, apakah anda masih tertarik masuk di kelas unggulan ?. Dari lima hal diatas, itu hanya  bagian kecil dari kekurangan kelas unggulan. Jika dilihat dari kelebihannya, kelas unggulan jauh lebih bagus dan lebih kondusif untuk belajar dibanding kelas lainnya. Ayo...!!! belajar lebih giat, mana tau anda bisa berkesempatan belajar di kelas unggulan.... :D



IAN VALDI LASE
XI IPA 1
Web/blog : ...


Anda sibuk?
Tetap baca artikel terupdate dan terbaru dari Blog SMAN 1 Gunungsitoli melalui e-mail Anda (GRATIS). Caranya? Masukkan alamat e-mail Anda pada kotak berikut ini dan klik Daftar.

KOMENTARI "KELAS UNGGULAN"

0 komentar:

 
Top