Atom terdiri dari inti atom (bulatan hijau) dikelilingi oleh elektron. Elektron mengelilingi atom harus memenuhi 4 aturan bilangan kuantum. Bilangan kuantum Utama/Kulit (n), Bilangan kuantum orbital/subkulit (l), bilangan kuantum magnetik/momentum magnetik (ml) dan bilangan kuantum spin/arah putar elektron (ms).

Elektron maksimum menempati kulit (n) adalah 2n2 lihat anak panah merah. Panah biru menunujukan cara pengisian elektron, dapat menentukan nilai 4 bilangan kuantum. Untuk menentukan 4 bilangan kuantum secara cepat, diagonal pada panah biru, elektron yang menempati subkulit ditambahkan dan dikumulatifkan hasilnya pada kolom biru putih.

Menentukan 4 bilangan kuantum:

misal unsur X dengan nomor atom 58

Lihat data kumulatif arah panah biru 58= 56+2, sisa 2 elektron berada pada (14 kuning) kolom 4 baris f jadi elektron terakhir yang mengisi adalah 4f2, nilai keempat bilangan kuantumnya adalah n=4 , f=3,  2 elektron trakhir  menempati (lihat tabel ml dan ms) ml=-2 , ms= + , jadi bilangan kuantumnya m, l, ml, ms adalah 4, 3, -2, +1/2





MUHAMAD RASYID WARUWU
XI IPA 1
Web/Blog : ...


Anda sibuk?
Tetap baca artikel terupdate dan terbaru dari Blog SMAN 1 Gunungsitoli melalui e-mail Anda (GRATIS). Caranya? Masukkan alamat e-mail Anda pada kotak berikut ini dan klik Daftar.

KOMENTARI "KUANTUM SMART"

0 komentar:

 
Top