Mengantuk adalah hal yang lumrah dalam kehidupan, perasaan ingin tidur ini sangat wajar dalam kondisi tertentu. Namun perasaan mengantuk juga kadang mengganggu jika rasa ngantuk ini muncul disaat kita sedang belajar. Kurang tidur seringkali dijadikan alasan mengantuk saat belajar.

Bagaimana menghilangkan rasa kantuk tersebut?

Berikut Tips untuk menghilangkan rasa kantuk :

1.     Berjemur beberapa menit di bawah terik matahari jika rasa ngantuk menyerang anda. Karena dengan menyengatkan badan di bawah terik matahari bisa menghilangkan perasaan ingin tidur.
2.     Melakukan aktivitas menggerakkan badan atau berolahraga ringan agar aliran darah berjalan dengan lancar. Karena aliran darah yang tidak beredar secara normal juga memicu rasa ngantuk itu muncul. Anda bisa berlari-lari kecil ditempat, atau mengayun-ayunkan tangan dan sebagainya.
3.     Berjalanlah. Jika rasa kantuk sudah menyerang, ada baiknya kita sedikit melemaskan otot dengan berjalan, baik itu hanya sekedar mengunjungi teman, ke toilet, atau sekedar mengambil air minum.
4.     Cuci muka. Cuci muka adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk.
5.     Merapikan hal di sekitar kita. Pada saat rasa kantuk menyerang, mungkin sebaiknya kita mencari pekerjaan untuk mengusir rasa kantuk tersebut, seperti merapikan meja atau lemari. Selain itu kita juga akan merasakan kesegaran di pikiran kita.
6.     Pilih cemilan yang sehat
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
- Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
- Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
-  Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.
7.   Ngobrol dengan rekan kerja 
Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. "Bicaralah dengan rekan kerja tentang pelajaran, Gosip, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat untuk tidak kantu.
9.   Tarik nafas dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.
10.  Olahraga
Cobalah berolahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda memutuskan berlatih keras dalam beberapa hari, kemungkinan tingkat energi Anda akan menurun dan baru pulih dalam beberapa jam kemudian.




ELA ASRINI ZENDRATO
XI IPA 1
Web/blog : ....


Anda sibuk?
Tetap baca artikel terupdate dan terbaru dari Blog SMAN 1 Gunungsitoli melalui e-mail Anda (GRATIS). Caranya? Masukkan alamat e-mail Anda pada kotak berikut ini dan klik Daftar.

KOMENTARI "Tips Menghindari Rasa Ngantuk Saat Belajar"

0 komentar:

 
Top